Kasau Serahkan OV-10 Bronco ke Musdirla

pentak1 - Wednesday, 26 January 2011 08:22

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat, Selasa (25/1) menyerahkan pesawat OV-10 Bronco kepada Kepala Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Letkol Sus Drs Sudarno. Acara serah terima dilaksanakan di Ruang Utama Museum dan dihadiri seluruh perserta Rapat Pimpinan TNI AU dan Apel Komandan Satuan Tahun 2011.

Dalam sambutannya Kepala Staf mengatakan, Museum Dirgantara Mandala adalah museum kebanggaan TNI Angkatan Udara yang mempunyai koleksi cukup lengkap yang merupakan wahana pembinaan minat dirgantara. Untuk itu, lanjut Kepala Staf, Museum Dirgantara perlu kepedulian kita semua. Bentuk kepedulian tersebut salah satunya adalah dengan penambahan koleksi, yaitu pesawat OV-10 Bronco.

Koorsahli Kasau Marsekal Muda TNI Pandji Utama dalam acara serah terima menuturkan bahwa pesawat buatan Amerika yang tiba di Indonesia tahun 1976 ini telah banyak melaksanakan berbagai kegiatan operasi. Sejak kedatangannya, pesawat yang mendapat sebutan “Si Kuda Liar” ini langsung dilibatkan dalam kegiatan Hari Ulang Tahun ABRI pada bulan Oktober 1976. Dan pada akhir Oktober 1976, “Si Kuda Liar Mendapat tugas untuk diterjunkan ke daerah operasi pemulihan keamanan di daerah Nusa Tenggara Timur.

Lebih lanjut Koorsahli Kasau mengatakan, pengabdian OV-10 Bronco tidak hanya diterjunkan dalam operasi Keamanan Dalam Negeri saja, namun juga dilibatkan dalam berbagai latihan. Koorsahli menyebutkan, berbagai latihan diantaranya Latihan Bina Garuda, Latihan Sikatan Daya, Latihan Angkasa Yudha, Latihan Gabungan TNI, Elang Thainesia serta sejumlah latihan lainnya.

“Untuk mengenang dan menghargai jasa serta pengabdian OV-10 Bronco, di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta inilah monumen pesawat OV-10 Bronco didirikan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, setelah acara penyerahan dari Kasau, di bawah sayap pesawat “Si Kuda Liar” dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pesawat OV-10 Bronco. Penandatanganan dilakukan antara Komandan Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh Marsekal Pertama TNI A. Dwi Putranto dengan Kepala Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala.

Leave a Reply